Author : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
Editor : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
rpp tema 9 kls 5
Muatan Terpadu : Bahasa
Indonesia &IPA Pembelajaran : 1
A. Tujuan
Pembelajaran |
|
|
1. Dengan kegiatan mengamati iklan
dalam media
cetak yang dibagikan
melalui
grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa dapat menyebutkan isi iklan, pengertian iklan, serta menemukan arti kata-kata asing dalam iklan dengan
tepat. 2. Dengan kegiatan mengamati iklan
dalam media
cetak yang dibagikan
melalui
grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa dapat mengomunikasikan isi iklan, pengertian iklan, dan
arti
kata-kata dalam iklan
dengan percaya diri. 3. Dengan kegiatan mengamati berbagai gambar benda
termasuk dalam zat tunggal
yang dibagikan melalui grup
WhatsApp/Telegram/Zoom/Google
Meet,
siswa
dapat
menuliskan pengertian
zat tunggal dan mengidentifikasi contoh benda termasuk zat tunggal di
lingkungan
sekitar dengan benar. 4. Dengan kegiatan membaca teks mengenai
zat tunggal
dan campuran yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa
dapat
menuliskan
pengertian
zat campuran dan
menuliskan
contoh benda
termasuk zat campuran di lingkungan sekitar dengan
benar. |
B. Kegiatan
Pembelajaran |
|
|
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit) |
Orientasi, apersepsi dan motivasi peserta didik |
|
Kegiatan Inti (150 Menit) |
|
Siswa mengamati
gambar
iklan
pada buku
siswa
yang dibagikan melalui grup WhatsApp/ Telegram/Zoom/Google Meet. Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai isi iklan secara tulisan. Siswa membaca narasi
pada buku
siswa
yang dibagikan
melalui
grup
WhatsApp/Telegram/ Zoom/Google Meet. Siswa diminta menjawab
pertanyaan dalam kotak yang
telah disediakan. Siswa dapat mencari arti kata-kata asing dalam Kamus Besar Bahasa
Indonesia(KBBI) Siswa mengungkapkan secara tulisan mengenai pengertian iklan serta kata asing yang ditemukan dalam iklan. Siswa mengamati gambar
dan membaca narasi
pada buku siswa yang dibagikan melalui
grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet. Kemudian, Guru
mengajukan pertanyaan seperti tertulis pada buku, yaitu ”Apakah yang dimaksud
benda zat
tunggal?”
dan
”Apa saja benda-benda
di lingkungan kita
yang
termasuk
benda
zat tunggal?” Siswa menjawab pertanyaan yang
disampaikan
guru dengan tulisan. Siswa diajak mengamati gambar benda benda yang terdapat pada buku siswa yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet. Selanjutnya, Siswa diminta untuk menjawab
pertanyaan
yang ada pada buku siswa. Siswa mengirimkan
hasil tugas mandiri ke
WhatsApp guru
untuk diberikan
penilaian |
|
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Guru memberikan refleksi dan bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini melalui
grup
WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet |
|
C. Penilaian (Pengetahuan &
Keterampilan) |
|
|
1. Rubrik Mengamati (Bahasa
Indonesia) 2. Rubrik Membaca (IPA) |
Mengetahui:
, 2021
Kepala
SDN ......................,
Guru kelas V,
...........................
.......................................................
NIP. 196511261988032010
NIP. 199008102015021002
Sumber dan referensi :
www.kherysuryawan.id
Postingan Terkait

Strategi Pembelajaran dan Cara Praktis Menerapkannya

Perbedaan Pendidik dan Pengajar yang Patut Semua Orang Ketahui

Membangun Generasi Masa Depan yang Kompeten

Meningkatkan Kemampuan Belajar dengan Memperkenalkan Kolaborasi kepada Siswa

PENGHARGAAN SEBAGAI BENTUK HUKUMAN YANG MEMBANGUN

Menjelajah Dunia Ilmu Pengetahuan

Ingin Ikut Program Bakti BCA? Simak Tips-Tips Berikut Supaya Lolos!

Guru Berbagi: Membangun Masa Depan

5 Contoh Karya Inovasi Guru Penggerak
Pengertian, Tujuan dan Aplikasi Program Merdeka Belajar
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.