Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Pendidikan PJJ
Author : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
Editor : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD

rpp tema 9 kls 5

Muatan Terpadu                         :    Bahasa Indonesia &IPA Pembelajaran                             :    1

 

A.    Tujuan Pembelajaran

 

1.  Denga kegiata mengamat ikla dala medi cetak    yan dibagika melalui    grup

WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa dapat menyebutkan isi iklan, pengertian iklan, serta menemukan arti kata-kata asing dalam iklan dengan tepat.

2.  Denga kegiata mengamat ikla dala medi cetak    yan dibagika melalui    grup

WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa dapat mengomunikasikan isi iklan, pengertian iklan, dan arti kata-kata dalam iklan dengan percaya diri.

3.  Dengan kegiatan mengamati berbagai gambar benda termasuk dalam zat tunggal yang dibagikan

melalui  grup  WhatsApp/Telegram/Zoom/Google  Meet,  siswa  dapat  menuliskan  pengertian  zat tunggal dan mengidentifikasi contoh benda termasuk zat tunggal di lingkungan sekitar dengan benar.

4.  Dengan kegiatan membaca teks mengenai zat tunggal dan campuran yang dibagikan melalui grup

WhatsApp/Telegram/Zoom/Google  Meet,  siswa  dapat  menuliskan  pengertian  zat  campuran  dan menuliskan contoh benda termasuk zat campuran di lingkungan sekitar dengan benar.

B.    Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

       Orientasi, apersepsi dan motivasi peserta didik

Kegiatan Inti (150 Menit)

       Siswa  mengamati  gambar  iklan  pada  buku  siswa  yang  dibagikan  melalui  grup  WhatsApp/

Telegram/Zoom/Google Meet.

       Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai isi iklan secara tulisan.

       Siswa  membaca  narasi  pada  buku  siswa  yang  dibagikan  melalui  grup  WhatsApp/Telegram/

Zoom/Google Meet.

       Siswa diminta menjawab pertanyaan dalam kotak yang telah disediakan.

       Siswa dapat mencari arti kata-kata asing dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI)

       Siswa mengungkapkan secara tulisan mengenai pengertian iklan serta kata asing yang ditemukan dalam iklan.

       Siswa mengamati gambar  dan membaca narasi  pada buku siswa yang dibagikan melalui  grup

WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet.

       Kemudian, Guru mengajukan pertanyaan seperti tertulis pada buku, yaitu ”Apakah yang dimaksud benda  zat  tunggal? dan  ”Apsajbenda-benddlingkungakita  yantermasuk  benda  zat tunggal?

       Siswa menjawab pertanyaan yang disampaikan guru dengan tulisan.

       Siswa diajak mengamati gambabendbenda yang terdapat pada buku siswa yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet.

       Selanjutnya, Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa.

       Siswa mengirimkan hasil tugas mandiri ke WhatsApp guru untuk diberikan penilaian

Kegiatan Penutup (15 Menit)

       Guru memberikan refleksi dan bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet

C.    Penilaian (Pengetahuan & Keterampilan)

 

1.  Rubrik Mengamati (Bahasa Indonesia)

2.  Rubrik Membaca (IPA)


 

Mengetahui:


,                                             2021


Kepala SDN ......................,                                                            Guru kelas V,

 

 

 

 ...........................                                                                      .......................................................

NIP. 196511261988032010                                                       NIP. 199008102015021002


Sumber dan referensi :

www.kherysuryawan.id

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.