Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd
rpp tema 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020 (Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019) |
Satuan
Pendidikan : SD Negeri Satu Nusa
Kelas / Semester : III /Genap
Tema 8 : Praja Muda Karana
Sub Tema 1 : Aku Anggota Pramuka
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah membaca, siswa dapat
mengindentifikasi informasi terkait lambang negara dengan benar.
2.
Setelah membaca, siswa dapat menceritakan
kembali informasi terkait lambang negara dengan benar.
3.
Setelah bernyanyi, siswa dapat menunjukkan
variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda pada lagu berbentuk ABA’
dengan benar.
4.
Setelah bernyanyi, siswa dapat memeragakan
pola irama dengan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda melalui
menyuarakan atau memainkannya dengan benar.
5.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan tentang sudut dengan benar.
6.
Setelah mengamati gambar, siswa dapat
menentukan sudut melalui gambar atau menggunakan benda konkret dengan benar.
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi) 2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3. Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
15 menit |
Kegiatan Inti |
(Sintak Model Discovery Learning) Ayo Bernyanyi ·
Siswa berbagi cerita
tentang pengalaman mengikuti kegiatan pramuka. Siswa dapat menyebutkan
ciri-ciri yang berhubungan dengan pramuka. ·
Siswa berlatih tepuk
pramuka. ·
Siswa diajak berlatih
membuat variasi tepuk tangan untuk mengiringi sebuah lagu. ·
Siswa mengenal salah
satu lagu pramuka, yaitu Pantun Pramuka. ·
Siswa berlatih
menyanyikan lagu Pantun Pramuka secara mandiri dan berkelompok. (Collaborative) ·
Siswa mengamati irama
setiap bait. ·
Siswa berlatih
menentukan bait lagu yang memiliki irama yang sama, mirip, dan berbeda. Ayo Berlatih ·
Anggota pramuka
dilatih untuk mengenal dan mencintai negaranya melalui kegiatan pengenalan
lagu kebangsaan, lambang negara, dan bendera negara republik Indonesia. ·
Lambang negara
republik Indonesia adalah burung Garuda Pancasila. Lagu ·
kebangsaan Indonesaia
adalah lagu Indonesia Raya, dan bendera Indonesia adalah sang saka merah
putih. ·
Pramuka juga memiliki
lambang. Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa. ·
Siswa berdiskusi
mengenai lambang lainnya. Lalu, siswa diminta untuk menyimpulkan pentingnya
suatu lambang. Lambang digunakan sebagai identitas. ·
Siswa mengerjakan
tugas yang ada pada buku, tentang pengenalan simbol/lambang negara dan
gerakan pramuka. ·
Setelah siswa mengenal
lambang negara dan bendera negara Indonesia, siswa berlatih melakukan gerakan
hormat bendera yang benar. ·
Siswa melakukan
kegiatan secara berpasangan. Secara bergantian siswa akan melakukan gerakan
hormat bendera (Collaborative) ·
ketika ada aba-aba
“hormat gerak”, posisi badan tegak, telapak kanan di buka ujung jari tengah
diletakkan di ujung alis kanan membentuk sudut ·
Ketika ada aba-aba
“tegak gerak” kembalikan tangan seperti sikap sempurna. ·
Siswa mengamati posisi
tangan saat hormat, dimana membentuk sudut. ·
Siswa membuat definisi
tentang sudut berdasarkan gambar contoh sudut. (HOTS) ·
Siswa mengamati gerak
tubuh lainnya yang membentuk sudut. ·
Siswa berlatih
menjiplak tepi lurus pada gambar tangan Udin posisi menghormat bendera. ·
Siswa membaca penjelasan tentang
bagian-bagian sudut. |
140 menit |
|
||
Kegiatan Penutup |
Peserta Didik : Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan. Guru : Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian |
15 menit |
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui Kepala Sekolah,
Maryam, S.Pd.SD NIP. 19600102 198002 1
002 |
Pamekasan, April 2021 Guru Kelas 3
Fathor
Rahman, S.Pd.SD NIP. 19830102 201010 2
345 |
Sumber dan referensi :
Postingan Terkait
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Manfaat Gadget bagi Kehidupan Masyarakat Modern
Guru Binar dan PT Sampoerna Agro Selenggarakan Program Pelatihan Guru Kabupaten OKI
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Guru Binar dan Sampoerna Land Sasar 5 Wilayah Indonesia dalam Program Beasiswa Guru
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.