Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Pendidikan
Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd

rpp tema 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        : SD Negeri Satu Nusa

Kelas / Semester                 :  III /Genap

Tema 8                                  :  Praja Muda Karana

Sub Tema  1                         :  Aku Anggota Pramuka

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke                 :  1

Alokasi waktu                       :  1 hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.          Setelah membaca, siswa dapat mengindentifikasi informasi terkait lambang negara dengan benar.

2.          Setelah membaca, siswa dapat menceritakan kembali informasi terkait lambang negara dengan benar.

3.          Setelah bernyanyi, siswa dapat menunjukkan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda pada lagu berbentuk ABA’ dengan benar.

4.          Setelah bernyanyi, siswa dapat memeragakan pola irama dengan variasi pola irama yang sama, mirip, dan berbeda melalui menyuarakan atau memainkannya dengan benar.

5.          Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan tentang sudut dengan benar.

6.          Setelah mengamati gambar, siswa dapat menentukan sudut melalui gambar atau menggunakan benda konkret dengan benar.

 

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

 

(Sintak Model Discovery Learning)

Ayo Bernyanyi

·        Siswa berbagi cerita tentang pengalaman mengikuti kegiatan pramuka. Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri yang berhubungan dengan pramuka.

·        Siswa berlatih tepuk pramuka.

·        Siswa diajak berlatih membuat variasi tepuk tangan untuk mengiringi sebuah lagu.

·        Siswa mengenal salah satu lagu pramuka, yaitu Pantun Pramuka.

·        Siswa berlatih menyanyikan lagu Pantun Pramuka secara mandiri dan berkelompok. (Collaborative)

·        Siswa mengamati irama setiap bait.

·        Siswa berlatih menentukan bait lagu yang memiliki irama yang sama, mirip, dan berbeda.

Ayo Berlatih

·        Anggota pramuka dilatih untuk mengenal dan mencintai negaranya melalui kegiatan pengenalan lagu kebangsaan, lambang negara, dan bendera negara republik Indonesia.

·        Lambang negara republik Indonesia adalah burung Garuda Pancasila. Lagu

·        kebangsaan Indonesaia adalah lagu Indonesia Raya, dan bendera Indonesia adalah sang saka merah putih.

·        Pramuka juga memiliki lambang. Lambang gerakan pramuka adalah tunas kelapa.

·        Siswa berdiskusi mengenai lambang lainnya. Lalu, siswa diminta untuk menyimpulkan pentingnya suatu lambang. Lambang digunakan sebagai identitas.

·        Siswa mengerjakan tugas yang ada pada buku, tentang pengenalan simbol/lambang negara dan gerakan pramuka.

·        Setelah siswa mengenal lambang negara dan bendera negara Indonesia, siswa berlatih melakukan gerakan hormat bendera yang benar.

·        Siswa melakukan kegiatan secara berpasangan. Secara bergantian siswa akan melakukan gerakan hormat bendera (Collaborative)

·        ketika ada aba-aba “hormat gerak”, posisi badan tegak, telapak kanan di buka ujung jari tengah diletakkan di ujung alis kanan membentuk sudut

·        Ketika ada aba-aba “tegak gerak” kembalikan tangan seperti sikap sempurna.

·        Siswa mengamati posisi tangan saat hormat, dimana membentuk sudut.

·        Siswa membuat definisi tentang sudut berdasarkan gambar contoh sudut. (HOTS)

·        Siswa mengamati gerak tubuh lainnya yang membentuk sudut.

·        Siswa berlatih menjiplak tepi lurus pada gambar tangan Udin posisi menghormat bendera.

·        Siswa membaca penjelasan tentang bagian-bagian sudut.

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :        

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

Maryam, S.Pd.SD

NIP. 19600102 198002 1 002

Pamekasan,     April 2021

Guru Kelas 3

 

 

Fathor Rahman, S.Pd.SD

NIP. 19830102 201010 2 345

 



Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.