Author : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
Editor : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
rpp tema 8 kls 5
Muatan Terpadu : Bahasa
Indonesia & IPA Pembelajaran : 1
A. Tujuan
Pembelajaran |
|
|
1. Melalui
penyampaian
materi pada
grup
WhatsApp/Telegram/Zoom/Google
Meet,
siswa
mampu menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks
nonfiksi dengan
benar. 2. Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan baik. 3. Melalui
penyampaian
materi pada
grup
WhatsApp/Telegram/Zoom/Google
Meet,
siswa
mampu membuat peta pikiran mengenai
manfaat air bagi manusia, hewan, dan tanaman dengan benar. |
B. Kegiatan
Pembelajaran |
|
|
Kegiatan Pendahuluan (10 Menit) |
Orientasi, apersepsi dan motivasi peserta didik |
|
Kegiatan Inti (150 Menit) |
|
Siswa mengamati gambar yang terdapat pada halaman 1 buku siswa yang dibagikan melalui grup WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet. Dengan bimbingan guru
melalui
grup
WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet, siswa mengidentifikasi berbagai kondisi lingkungan pada gambar. Guru mengaitkan kegiatan ini dengan
judul
tema Lingkungan
Sahabat Kita serta judul subtema Manusia
dan Lingkungan. Siswa membaca pengantar mengenai air sebagai salah satu unsur penting dalam lingkungan. Air sangat diperlukan bagi kehidupan di bumi yang dibagikan
melalui grup WhatsApp/Telegram/ Zoom/Google Meet. Siswa membaca teks berjudul
“Demi
Air
Bersih,
Warga Waborobo
Rela
Berjalan Sejauh
15 Kilometer”
pada buku siswa. Siswa menuliskan
peristiwa-peristiwa yang
terdapat pada teks dalam bentuk peta pikiran. Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut. 1. Apa fungsi air bagi manusia? 2. Apa fungsi air bagi hewan? 3. Apa fungsi air bagi tumbuhan? Siswa menyajikan
hasilnya dalam bentuk peta pikiran. Siswa mengirimkan
hasil tugas mandiri ke
WhatsApp guru
untuk diberikan
penilaian |
|
Kegiatan Penutup (15 Menit) |
|
Guru memberikan refleksi dan bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini melalui
grup
WhatsApp/Telegram/Zoom/Google Meet |
|
C. Penilaian (Pengetahuan &
Keterampilan) |
|
|
1. Mengidentifikasi dan menuliskan
peristiwa-peristiwa pada
teks (Bahasa Indonesia KD 3.8 & 4.8 2. Berdiskusi tentang fngsi air bagi kehidupan
di
bumi (IPA 3.8 &
4.8) |
Mengetahui:
, 2021
Kepala SDN
.................,
Guru kelas V,
.............................
........................................................
NIP. 196511261988032010
NIP. 199008102015021002
Sumber dan referensi :
www.kherysuryawan.id
Postingan Terkait

Guru Berbagi: Membangun Masa Depan

5 Contoh Karya Inovasi Guru Penggerak
Pengertian, Tujuan dan Aplikasi Program Merdeka Belajar
Syarat-syarat untuk Mendaftar Dapodik Guru dan Prosedur Pendaftarannya

6 Aplikasi Guru yang Membantu Proses Pembelajaran

4 Keterampilan Guru yang harus Dimiliki Oleh Pengajar

Jurusan Pendidikan Guru yang Paling Dibutuhkan

7 Cara Guru untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Anak

Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Mengenal Lebih Dekat Mengenai Akreditas Sekolah
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.