Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Pendidikan
Author : Defi Choilia, S.Pd
Editor : Defi Choilia, S.Pd

rpp tema 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020

(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)

 

Satuan Pendidikan        : SD Negeri Satu Nusa

Kelas / Semester                 :  III /Genap

Tema 7                                  :  Perkembangan Teknologi

Sub Tema  1                         :  Perkembangan Teknologi Produksi Pangan

Muatan Terpadu                  :  Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP

Pembelajaran ke                 :  1

Alokasi waktu                       :  1 hari

 

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.   Dengan mendengarkan lagu “Rotiku”, siswa dapat mengenal pola irama sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri.

2.   Dengan menyimak penjelasan guru tentang pola irama, siswa dapat memahami perbedaan pola irama yang terdapat pada sebuah lagu dengan tepat.

3.   Dengan mengidentifikasi pola irama dengan lirik lagu, siswa dapat menunjukkan variasi pola irama lagu yang berbeda pada sebuah lagu dengan tepat dan percaya diri

4.   Dengan menyanyikan lagu “Rotiku”, siswa dapat memperagakan variasi pola irama yang berbeda pada sebuah lagu dengan benar dan percaya diri.

5.   Dengan membaca teks bacaan secara bersama-sama, siswa dapat memahami isi dari teks tersebut dengan tepat.

6.   Dengan menjawab pertanyaan dari teks yang telah dibaca, siswa dapat mengidentifikasi ide pokok dari teks yang telah dibaca dengan tepat.

7.   Dengan mengamati teks bacaan, siswa dapat menemukan pokok-pokok informasi dengan tepat.

8.   Setelah menemukan informasi dari teks bacaan, siswa dapat menuliskan pokok-pokok informasi mengenai teknologi produksi pangan dengan memperhatikan penggunaan kaidah Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang tepat.

9.   Dengan mengamati banyak satuan luas yang menutupi suatu daerah, siswa dapat menemukan luas suatu daerah.

10. Dengan mengamati daerah yang ditutup dengan satuan luas, siswa dapat menjelaskan cara menentukan luas suatu daerah.

11. Setelah mengidentifikasi luas permukaan bidang dalam satuan tidak baku, siswa dapat menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas dalam satuan tidak baku dengan tepat.

 

B.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.   Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)

2.   Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.   Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

    15

    menit

Kegiatan

Inti

Ayo Bernyanyi

·        Guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “Rotiku” sambil bermain alat musik jika memungkinkan. Sebagai alternatif kegiatan, guru dapat memperdengarkan rekaman lagu “Rotiku”.

·        Guru memantik rasa ingin tahu siswa dan memotivasi untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan gambar yang diamati.

·        Berikan kesempatan kepada beberapa siswa untuk menyampaikan pendapatnya.

·        Ajak siswa untuk menyimpulkan hasil diskusi secara bersama-sama.

Ayo Mengamati

·        Siswa menyanyikan lagu tersebut secara bersama dan memberi tanda pada baris yang memiliki pola irama berbeda (Collaborative)

·        Setelah siswa selesai memberi tanda pada pola irama berbeda, minta mereka untuk memeriksa ketepatan hasil jawaban pada buku teks.

·        Minta siswa untuk melakukan tahapan kegiatan yang sama secara individu agar guru dapat melakukan asesmen dari hasil pemahaman siswa berdasarkan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.

Ayo Bernyanyi

·      Siswa belajar berpasangan agar dapat mendengarkan perbedaan pola irama dengan cara mendengarkan temannya menyanyikan lagu “Rotiku”.

·      Siswa mendiskusikan apakah pola irama lagu “Rotiku” sama atau berbeda. (Critical thinking and Problem Solving)

Ayo Membaca

·        Siswa  bercerita mengenai berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

·        Guru juga menunjukkan berbagai contoh jenis makanan dan menjelaskan bahwa jenis makanan yang diolah merupakan hasil dari teknologi pangan

·        Guru meminta siswa membaca teks “Teknologi Pangan” pada buku siswa secara bersama-sama dengan nyaring.

(LITERASI)

·       Guru melakukan apersepsi dengan menanyakan judul dari bacaan yang telah dibaca serta isi dari teks yang telah dibaca oleh siswa.

·       Lakukan tanya jawab dengan siswa berdasarkan isi teks yang telah dibaca.

·       Uraikan setiap pertanyaan dan jawaban yang diberikan sebagai ide pokok dari teks yang telah dibaca.

Ayo Menulis

·       Tanyakan kepada siswa, informasi apa saja yang mereka peroleh setelah membaca teks tentang teknologi pangan pada buku siswa.

·       Siswa mengidentifikasi informasi dari teks bacaan “Teknologi pangan” dan menguraikan pokok-pokok informasi yang ditemui bersama-sama.

·       •iswa menuliskan kembali informasi yang diperoleh dengan memperhatikan kaidah EBI.

·       Ingatkan siswa mengenai penggunaan huruf kapital pada awal kalimat serta membubuhkan tanda titik pada akhir kalimat.

Ayo Mengamati

·       Siswa mengamati video atau poster cara membuat tahu sebagai makanan yang diolah dengan menggunakan teknologi pangan.

·       Siswa mengamati kain untuk menyaring tahu berukuran berbeda yang dibawa oleh guru.

·       Catatan: Alat peraga tidak harus berupa tahu, tetapi dapat disesuaikan dengan sumber daya yang tersedia di daerah setempat.

·       Guru bertanya kepada siswa mengenai luas dari kain untuk menyaring tahu.

·       Guru bertanya kembali, apakah mereka tahu arti dari luas permukaan suatu bidang?

·       Guru bertanya, bagaimana menentukan luas kain dengan satuan tidak baku?

·       Guru menutup kain penyaring tahu dengan satuan tidak baku seperti lembaran

·       kertas berbentuk persegi panjang, persegi, segitiga, dan lain-lain.

·       Perhatikan gambar berikut:

 

Ayo Berlatih

·       siswa mengukur luas permukaan berbagai benda memakai kertas persegi yang telah disiapkan

 

    140

    menit

 

Kegiatan

Penutup

Sebagai penutup, guru mereview semua kegiatan yang sudah dilakukan seharian dan meminta siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu. Setelah melalui momen refleksi, siswa dan guru bekerja sama membersihkan ruang kelas.

Peserta Didik :

Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :        

Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

    15

    menit

 

C.    PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah,

 

 

Maryam, S.Pd.SD

NIP. 19600102 198002 1 002

Pamekasan,     Maret 2021

Guru Kelas 3

 

 

Fathor Rahman, S.Pd.SD

NIP. 19830102 201010 2 345

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.