Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Umum Pendidikan
Author : Sita Nuritasari Pratiwi,S.Pd
Editor : Sita Nuritasari Pratiwi,S.Pd

rpp tema 6 kls 4

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Identitas Sekolah

:

SDN 351 Benteng

Kelas / Semester

:

IV (Empat) / Genap

Tema 6

:

Cita-Citaku

Subtema 1

:

Aku dan Cita-Citaku

Muatan Terpadu

:

Bahasa Indonesia & IPA

Pembelajaran

:

1

 

A.

Tujuan Pembelajaran

 

1.   Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasikan ciri-ciri puisi dengan benar.

2.   Melalui kegiatan membuat kesimpulan, siswa dapat menyajikan hasil pengamatan tentang ciri-ciri puisi secara terperinci.

3.   Melalui kegiatan melakukan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan baik.

4.   Melalui kegiatan menyusun gambar tahapan pertumbuhan hewan dan tumbuhan, siswa mampu membuat skema siklus makhluk hidup yang ada di sekitarnya dengan benar.

B.

Kegiatan Pembelajaran

 

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

 

·       Orientasi, apersepsi dan motivasi siswa

 

Kegiatan Inti (150 Menit)

 

·       siswa membaca teks puisi berjudul “Cita citaku”. Dengan bimbingan guru, siswa mencoba mengidentifikasi ciri-ciri puisi. Guru membimbing siswa untuk berdiskusi dalam kelompok dan menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk menemukan ciri-ciri puisi.

·       siswa menyajikan hasil pengamatannya dan hasil diskusinya dalam bentuk sebuah kesimpulan tentang ciri-ciri puisi.

·       siswa mengamati bagian-bagian puisi yang terdapat pada halaman 5. siswa lalu menuliskan bagian-bagian puisi tersebut menjadi sebuah bait puisi dan menuliskannya pada kolom yang terdapat pada halaman yang sama.

·       siswa membaca dan memahami teks informasi tentang cita-cita mulia menjadi seorang dokter hewan. Dengan bimbingan guru, siswa membahas tentang  profesi menjadi seorang dokter hewan serta tugastugas seorang dokter hewan.

·       siswa mengamati beberapa gambar hewan peliharaan yang terdapat pada halaman 6. siswa mengamati gambar anak-anak hewan dan hewan yang sudah dewasa. Dengan bimbingan guru, siswa lalu mendiskusikan bagaimana hewan-hewan tersebut mengalami pertumbuhan.

·       Bentuklah kelompok yang terdiri atas 3-4 siswa. Secara berkelompok siswa mengamati beberapa gambar tahapan pertumbuhan hewan yang terdapat pada halaman 8. siswa lalu menyusun gambar-gambar tahapan pertumbuhan hewan tersebut menjadi tahapan pertumbuhan hewan yang benar. Setiap kelompok kemudian berdiskusi dan menuliskan kesimpulan hasil diskusinya tentang tahapan pertumbuhan hewan tersebut pada kolom yang terdapat pada halaman 9.

·       Setiap kelompok mempresentasikan hasil kesimpulannya di depan kelas.

1. Sikap apakah yang perlu dibangun untuk menentukan cita-citamu?

2. Manfaat apakah yang dapat kamu berikan kepada orang lain dengan menggapai citacitamu?

3. Sikap apakah yang perlu ditunjukkan untuk memelihara hewan peliharaan?

 

Kegiatan Penutup (15 Menit)

 

·       Guru memberikan refleksi dan bersama siswa menyimpulkan kegiatan pembelajaran hari ini.

C.

Penilaian (Pengetahuan & Keterampilan)

 

1.   Membuat Kesimpulan dari Pengamatan dan Diskusi. KD Bahasa Indonesia 3.6 dan 4.6

2.   Menyusun Tahapan Perkembangan Hewan. KD IPA 3.2 dan 4.2

 

 

Buluawo,                                        2021

Mengetahui:

 

Kepala SDN 351 Benteng,

Guru kelas IV,

 

 

 

 

 

 

H. BAHARUDDIN, S.Pd., M.M.

MAHMUD, S.Pd.

NIP. 198012272005021003

NIP. 196905202006041008

Sumber dan referensi :

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.