Unduh Aplikasi Guru Binar
Edukasi Pendidikan PJJ
Author : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
Editor : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD

rpp tema 6 kelas 5

Muatan Terpadu           : Bahasa Indonesia, IPA Pembelajaran ke          : 1

Alokasi waktu              :  1 hari

 

A.  TUJUAN PEMBELAJARAN

1. Melalui bimbingan guru dari media Daring, siswa mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.

2.  Melalui bimbingan guru dari media Daring, siswa  mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.

3. Melalui bimbingan guru dari media Daring, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari secara bertangung jawab.

4. Melalui bimbingan guru dari media Daring, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor secara tepat.

 

B.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

 

 

Kegiatan                                                         Deskripsi Kegiatan

Alokasi

 

Waktu

Pendahuluan

 

1. Melakukan

Membaca

pembukaan

Doa  dipandu

dengan salam dan dilanjutkan

melalui Group  Whats  Apps,  Zoom,

dengan

Google

10

menit

 

Meet, dan Aplikasi Daring laiinya (Orientasi)

2.  Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi  yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan

        dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)                               

Inti              Ayo Membaca                                                                                                                150

     Siswa  membaca teks bacaan yang berjudul Sumber Energi Panas di              menit dalam hati.

     Siswa        menjawab         pertanyaan        yang disediakan berdasarkan informasi yang ia dapatkan dari bacaan.

 

Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas, kemudian menjawab

pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan.(Literasi)

     Siswa        menuliskan       kata-kata           kunci    yang       ia temukan di setiap paragraf.

     Siswa        membuat          kesimpulan       dari bacaan danmenjelaskan kepada teman sebangkunya.(Creativity and

Innovation)

Ayo Mengamati

    Siswa        melakukan pengamatan dan memperhatikan  sumber-sumber energi panas apa saja yang mereka gunakan sehari-hari dari pagi hingga malam.(Creativity and Innovation)

    Siswa         menuliskan       hasil     pengamatannya dalam   bentuk    tabel informasi               dan melengkapi informasi pada kolom-kolom yang disediakan.(Mandiri)

    Siswa        mengidentifikasikan       kegiatan  yan ia  lakukan,  alat     atau bahan yang digunakan dan sumber energi panas yang digunakan dalam kegiatan tersebut. (HOTS)

Ayo Berdiskusi

    Siswa        membandingkan            hasil   pengamatannya    dengan     hasil pengamatan  temannya,  dan  mencarpersamaan  dan  perbedaan  dari kedua hasil pengamatan tersebut.(HOTS)

    Siswa         diber kesempatan       untuk    menuliskan       hal-hal       yang mereka ingin ketahui lebih lanjut, siswa menyalin pertanyaan tersebut pada selembar kertas dan menempelkannya pada dinding kelas.(Creativity and Innovation)

Ayo Mencoba

    Siswa        melakukan        kegiata pengamatan       untuk       mengamati bagaiman sumber  energ pana matahar dapat  menyebabkan

perubahan-perubahan  yang  dengan mudah dapat  kita lihat  dan  amati.

(HOTS)

    Siswa         melakukan        kegiatan bersama          dengan     kelompoknya yang terdiri dari tiga orang. (Gotong Royong)

     Siswa         mengamati        dengan mengukur         dan    mencatat    waktu yang diperlukan bagi es batu pada masing-masing wadah untuk  benar

benar mencair.

Ayo Renungkan

   Siswa       menjawab         pertanyaan-pertanyaan yan disediakan   untuk


 

 

kegiatan refleksi  (Critical Thinking and Innovation)

Kerja Sama Orang Tua

Bersama dengan orang  tuamu,  amatilah kegiatan  apa saja  yang

memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak.

 

Penutup

A.  Guru menyampaikan tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa

kegiatan  apa  saja  yang memerlukan energpanas  dalam  jumlah  yang banyak. (Mandiri)

Peserta Didik :

Membuat resume (          CREATIVITY ) dengan bimbingan guru tentang point-point

penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.

Guru :

Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.

Peserta didik yang         selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian

15

menit

 

C.   PENILAIAN (ASESMEN)

Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

 

Mengetahui                                                   …………………,   ..............., 20...

Kepala Sekolah,                                                                Guru Kelas 5 ,

 

 

 

……………                                           ……………………………… NIP. ……………                                            NIP…….


Sumber dan referensi :

www.kheryusuryawan.id

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.