Author : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
Editor : Moch Ichsan Sahroni,S.Pd.SD
rpp tema 6 kelas 5
Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu : 1 hari
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui bimbingan guru dari media Daring, siswa
mampu meringkas teks eksplanasi pada media cetak secara tepat.
2. Melalui bimbingan guru dari media Daring, siswa
mampu menyajikan ringkasan teks secara tepat.
3. Melalui bimbingan guru dari media Daring, siswa mampu menerapkan konsep perpindahan kalor dalam
kehidupan sehari-hari
secara bertangung jawab.
4. Melalui bimbingan guru dari media Daring, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang
perpindahan kalor secara tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi |
|
|||||
Waktu |
|||||||
Pendahuluan |
|
1. Melakukan Membaca |
pembukaan Doa dipandu |
dengan salam dan dilanjutkan melalui Group Whats Apps,
Zoom, |
dengan Google |
10 menit |
|
Meet, dan Aplikasi Daring laiinya (Orientasi)
2. Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi
yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
3. Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
Inti Ayo Membaca
150
➢ Siswa membaca teks
bacaan yang berjudul “Sumber Energi
Panas” di menit
dalam hati.
➢ Siswa
menjawab
pertanyaan
yang disediakan berdasarkan informasi
yang ia dapatkan dari bacaan.
➢
Siswa membaca kembali bacaan Sumber Energi Panas,
kemudian menjawab
pertanyaan yang berhubungan dengan isi bacaan.(Literasi)
➢ Siswa menuliskan
kata-kata kunci yang ia temukan di
setiap paragraf.
➢ Siswa membuat kesimpulan
dari
bacaan danmenjelaskan kepada teman sebangkunya.(Creativity and
Innovation)
Ayo Mengamati
➢ Siswa melakukan pengamatan dan memperhatikan
sumber-sumber
energi panas apa saja yang mereka gunakan sehari-hari
dari pagi
hingga malam.(Creativity and Innovation)
➢ Siswa
menuliskan hasil pengamatannya dalam
bentuk tabel informasi dan melengkapi
informasi pada kolom-kolom yang
disediakan.(Mandiri)
➢ Siswa mengidentifikasikan kegiatan yang ia lakukan, alat
atau bahan yang digunakan dan sumber energi panas yang digunakan dalam
kegiatan tersebut. (HOTS)
Ayo Berdiskusi
➢ Siswa membandingkan
hasil pengamatannya
dengan hasil
pengamatan temannya,
dan mencari persamaan
dan
perbedaan dari
kedua hasil pengamatan tersebut.(HOTS)
➢ Siswa
diberi kesempatan untuk menuliskan
hal-hal yang
mereka ingin ketahui lebih lanjut, siswa menyalin pertanyaan tersebut pada selembar kertas dan menempelkannya pada dinding kelas.(Creativity and
Innovation)
Ayo Mencoba
➢ Siswa melakukan
kegiatan pengamatan untuk mengamati
bagaimana sumber
energi panas matahari dapat menyebabkan
perubahan-perubahan yang
dengan mudah dapat
kita lihat
dan amati.
(HOTS)
➢ Siswa melakukan
kegiatan bersama dengan kelompoknya yang terdiri dari
tiga
orang. (Gotong Royong)
➢ Siswa
mengamati dengan mengukur dan mencatat waktu yang diperlukan bagi es
batu pada masing-masing wadah untuk benar
benar mencair.
Ayo Renungkan
➢ Siswa
menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang disediakan untuk
|
kegiatan refleksi
(Critical Thinking and Innovation) Kerja Sama Orang Tua ➢ Bersama dengan orang tuamu,
amatilah kegiatan apa saja
yang memerlukan energi panas dalam jumlah yang banyak. |
|
Penutup |
A. Guru menyampaikan
tugas dirumah kerja sama dengan Orang Tua, Siswa kegiatan apa
saja yang memerlukan energi
panas dalam
jumlah
yang
banyak. (Mandiri) Peserta Didik : ➢ Membuat resume ( CREATIVITY ) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru
dilakukan. Guru : ➢ Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai
langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk
kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian |
15 menit |
C. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini
dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes
pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
…………………, ..............., 20...
Kepala Sekolah,
Guru Kelas 5 ,
……………………………… ………………………………
NIP. ………………………… NIP………………………….
Sumber dan referensi :
www.kheryusuryawan.id
Postingan Terkait
Manfaat Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh saat Pandemi Covid-19
Blended Learning Membuat Anda Bingung? Simak Tips Mempersiapkan Blended Learning yang Efektif!
Membangun Bangsa di Tengah Pusaran Pandemi Covid-19
Guru Binar dan Give2Asia Gelar Inaugurasi untuk Online Teacher Scholarship Program
Kesempatan Emas Belajar Mandiri Platform Guru Binar
Beragam Lomba 17an oleh Guru Binar dan Platform Merdeka Mengajar
GURU MERDEKA YANG TERUS BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
portofolio digital guru penggerak
Keuntungan Menggunakan E-education, Pembelajaran Berbasis TIK
Pentingnya Membangun Kapasitas Guru dalam TIK
Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.