Unduh Aplikasi Guru Binar
Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor :

Ketahui Kriteria Guru Dalam Rangka Memajukan Pendidikan

Dalam proses belajar mengajar, guru memiliki peran yang penting untuk perkembangan siswa. Tidak heran jika terdapat kriteria guru yang tepat untuk mengajar siswa agar materi yang disampaikan bisa diterima dengan baik. 

Jika siswa sudah merasa senang dan nyaman dengan cara guru mengajar, secara otomatis minat mereka terhadap mata pelajaran tersebut akan meningkat. Hal ini tentu akan berdampak pada prestasi dan hasil belajar siswa yang memuaskan. 

Kriteria Guru Profesional

Setiap guru dituntut harus profesional dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Beberapa kriteria guru profesional yang perlu diketahui yaitu sebagai berikut: 

1. Selalu Memiliki Energi Untuk Siswanya 

Guru haruslah selalu bersemangat ketika mengajar di dalam kelas dan memberikan energi yang positif kepada peserta didik. Apabila mendapati siswa tidak semangat belajar maka guru harus mampu membangkitkan kembali semangat belajar siswa tersebut dan mengeksplorasi masalah yang sedang dialami. 

2. Memiliki Tujuan Jelas Untuk Pelajaran 

Selain itu, guru juga harus mampu menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran. Ini bertujuan agar pelajaran yang diterima oleh peserta didik lebih bermakna dan bermanfaat bagi setiap siswa. 

3. Mempunyai Keterampilan Manajemen Kelas Yang Baik 

Guru juga dianggap profesional ketika ia memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan bisa memastikan perilaku siswa yang baik. Keterampilan manajemen kelas sangat dibutuhkan bagi seorang guru agar guru mampu mengatur peserta didiknya dengan baik. 

Contohnya ketika suasana kelas ribut dan siswa tidak memperhatikan, di sanalah keterampilan guru dibutuhkan untuk mengatur kelas agar tetap dalam suasana kondusif. Suasana belajar yang nyaman bisa membantu siswa lebih mudah menerima materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. 

4. Memiliki Harapan Yang Tinggi Terhadap Siswa 

Tentu setiap guru memiliki harapan yang tinggi dan mendorong semua siswa untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka. Guru harus mampu memotivasi siswa untuk mengeluarkan potensi terbaik. 

5. Pengetahuan Tentang Kurikulum 

Guru profesional memiliki pengetahuan mendalam mengenai kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. mereka akan berusaha maksimal untuk memastikan pengajaran mereka memenuhi standar tersebut. 

Pengetahuan mengenai kurikulum tersebut sangat dibutuhkan oleh guru agar mengetahui bagaimana tujuan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Selain itu, guru juga harus paham dan peka dengan perkembangan dunia kurikulum yang sedang berkembang. 

Apa Saja Kriteria Menjadi Guru Yang Baik?

Guru yang baik tentu akan disukai banyak siswa. Dengan demikian membuat proses belajar mengajar lebih efektif dan mudah untuk dilakukan. Beberapa kriteria guru yang baik yaitu sebagai berikut: 

1. Mampu Menjelaskan Materi 

Guru yang baik harus mampu menjelaskan materi pelajaran dengan baik agar bisa dipahami oleh siswa. Guru harus mampu menemukan cara mengajar yang efektif melalui metode belajar yang inovatif. 

Apabila proses pembelajaran yang diterapkan terlalu monoton, siswa akan cenderung mudah bosan dan mengantuk di kelas. Akibatnya, materi yang disampaikan tidak bisa diterima dengan baik oleh siswa di kelas. 

Guru yang baik biasanya bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menjelaskan materi, memberikan tugas, hingga membuat kelompok diskusi. Selain itu, tidak jarang juga mereka akan melibatkan siswa dalam merencanakan kegiatan pembelajaran agar materi yang disampaikan bisa diserap dengan baik dan maksimal. 

2. Mengenali Siswa 

Tentunya setiap siswa akan merasa dihargai apabila guru bisa mengenalinya dengan baik. Oleh karena itulah, dibandingkan hanya membaca nama siswa ketika melakukan absensi, lebih baik seorang guru juga berusaha untuk mengenali nama siswanya. 

3. Tidak Membandingkan Siswa 

Setiap orang tentu tidak suka jika dibanding-bandingkan. Karakteristik guru yang baik biasanya tahu bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang tidak sama. Ada yang mampu memahami materi dengan cepat. Namun ada pula yang harus dijelaskan secara rinci terlebih dahulu baru bisa menyerap materi dengan baik. 

Oleh karena itulah, guru yang disukai siswa atau kriteria guru favorit yaitu tidak akan membandingkan atau menghakimi siswanya. Guru yang populer di kalangan siswa biasanya mampu menghadapi siswa yang kurang perhatian, suka menyela, atau bahkan siswa yang suka mengalihkan pembicaraan. 

Lalu Apa Saja Kriteria Guru Penggerak?

Seperti yang diketahui, pemerintah menyelenggarakan Program Pendidikan Guru Penggerak. Namun, untuk bisa mengikuti program tersebut, terdapat kriteria guru penggerak yang sebelumnya harus dipenuhi, diantaranya: 

  • Berstatus PNS atau non PNS baik dari sekolah swasta maupun negeri. 

  • Memiliki akun guru di Dapodik. 

  • Pendidikan minimal S1 dan D4. 

  • Memiliki pengalaman mengajar minimal 5 tahun. 

  • Memiliki masa sisa mengajar minimal 10 tahun. 

  • Harus memiliki keinginan kuat untuk menjadi guru penggerak. 

  • Tidak terdaftar dan berperan sebagai pengajar asesor, praktik, fasilitator, maupun instruktur pada program pendidikan guru penggerak. 

  • Merupakan guru yang memperoleh rekomendasi dari atasan secara langsung. 

Karena memiliki peran yang penting, tidak heran jika terdapat kriteria guru yang harus dipenuhi agar sistem pendidikan berjalan dengan semestinya. Dengan memahami pembahasan di atas maka Anda akan mengetahui kriteria guru ideal dalam proses belajar mengajar.

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.