Unduh Aplikasi Guru Binar
Kurikulum Merdeka
Author : Fajar Tri
Editor : Fajar Tri

Aksi Nyata Merdeka Belajar dari Jenjang Paud Hingga SMP

Sedikit berbeda daripada kurikulum sebelumnya, sejak diangkatnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yakni Nadiem Makarim kini kurikulum pendidikan mengalami cukup banyak pembaharuan. Salah satu hal identik dengan merdeka belajar adalah para peserta didik dapat memilih mata pelajarannya sendiri sesuai dengan minat maupun kompetensi yang dimiliki.


Aksi nyata Merdeka Belajar tentunya memberikan cukup banyak manfaat untuk para peserta didik. Jika sebelumnya proses pembelajaran akan berfokus pada guru, merdeka belajar justru lebih fokus ke para siswanya. Jangan begitu diharapkan para peserta didik tidak akan merasa bosan ketika pelajaran berlangsung.


Para siswa juga bisa lebih aktif serta memaknai setiap pembelajaran yang akan diterima. Berikut beberapa contoh merdeka belajar dalam beberapa jenjang sekolah.


  1. Contoh Merdeka Belajar Jenjang Paud dan TK

Implementasi atau contoh aksi Merdeka belajar pada jenjang pendidikan PAUD adalah memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih jenis kegiatan belajar yang mereka inginkan. Selain itu para pihak pengajar memiliki kewajiban untuk memenuhi hak anak yakni bermain.


Implementasi Merdeka belajar pada jenjang pendidikan anak usia dini atau Paud lebih cenderung mudah diterima. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kemerdekaan anak-anak belajar di usia dini yang masih sangat tinggi. Berbeda dengan jenjang di atasnya yang mana mengalami proses pendidikan tidak terlalu memerdekakan.


Dalam hal ini biasanya anak PAUD ataupun Taman kanak-kanak datang ke sekolah dengan perasaan senang  punya semangat tinggi serta rasa ingin tahu. Jadi nantinya pihak pengajar bisa mengajak siswanya untuk bermain sambil mengeksplorasi lingkungan sekitar.




Selain itu juga bisa memberikan sistem belajar yang menyenangkan sekaligus menantang untuk mereka coba. Seperti halnya dengan mencoba berbagai macam hal baru. Paud atau taman kanak-kanak yang memberikan ruang eksplorasi lebih besar akan memberikan dampak jangka panjang. Dampak tersebut adalah nantinya siswa bisa lebih mudah ketika dihadapkan pada pemilihan minat di jenjang sekolah di atasnya. 


  1. Contoh Merdeka Belajar Jenjang SD

Contoh aksi nyata Merdeka Belajar pada jenjang sekolah dasar cukup berbeda daripada kurikulum sebelumnya. Pasalnya saat ini mata pelajaran bahasa Inggris sudah masuk ke dalam mata pelajaran pilihan. Hanya saja untuk eksekusinya akan disesuaikan dengan ketersediaan para pendidik pada mata pelajaran bahasa Inggris.


Perbedaan tersebut juga dapat dilihat dari integrasi yang ada pada mata pelajaran IPS serta IPA. Keduanya dijadikan satu menjadi nama IPAS. 


  1. Contoh Merdeka Belajar Jenjang SMP

Aksi nyata mereka belajar pada jenjang SMP bisa dilihat pada guru yang memiliki kebebasan mengatur perangkat mengajar. Dengan begitu hal ini akan menjadikan kegiatan pembelajaran bisa disesuaikan dengan mudah berdasarkan kebutuhan belajar serta minat dari para peserta didik. Sedangkan untuk bentuk aktivitas pembelajaran yang ada pada jenjang SMP setidaknya ada 3 kegiatan utama.


Beberapa kegiatan utama tersebut terdiri atas kegiatan intrakurikuler, kegiatan ekstrakurikuler serta Project penguatan profil pelajar Pancasila. Dari tiga kegiatan utama tersebut diharapkan nantinya para siswa dapat berkontribusi agar berpikir kritis inisiatif serta mampu menyelesaikan permasalahan di pembelajaran menggunakan solusi efektif. 

Manfaat Merdeka Belajar

Aksi nyata merdeka belajar menjadi salah satu upaya atau cara kemerdekaan dalam dalan berpikir serta berekspresi. Kemerdekaan ini harus terjadi untuk guru terlebih dahulu lalu nantinya akan berdampak ke peserta didiknya. Berbagai macam manfaat keberadaan Merdeka Belajar seperti di bawah ini:


  1. Beban Guru Jadi Berkurang

Menjadi seorang guru tentunya mengemban tugas yang mulia bahkan harus dihadapkan dengan situasi tersulit. Keberadaan Merdeka Belajar sendiri diharapkan mampu mengurangi beban para guru. Aksi nyata Merdeka Belajar mampu menjadikan para guru jadi lebih leluasa untuk mengajar mengajar siswa peserta terbebas dari berbagai macam administrasi yang membebankan.


  1. RPP Jadi Sederhana

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh seorang guru adalah mengerjakan RPP. Padahal mereka juga masih menjalankan berbagai macam tugas sekolah mulai dari penerimaan siswa hingga evaluasi kerja. Merdeka belajar memberikan keuntungan karena RPP menjadi lebih sederhana. 

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah membebaskan para guru untuk membuat serta menggunakan maupun mengembangkan RPP. Setidaknya ada tiga komponen penting yang harus ada dalam rpp yakni kegiatan belajar, asesmen serta tujuan pembelajaran. 


  1. Menciptakan Suasana Belajar yang Lebih Menyenangkan

Keberadaan kurikulum Merdeka belajar diharapkan mampu memberikan kemudahan untuk membuat suasana kelas jadi lebih menyenangkan serta bahagia. Terbentuknya hal tersebut tentunya akan mempengaruhi kualitas dari pembelajaran yang lebih baik.  Suasana pembelajaran yang makin menyenangkan tidak hanya akan meningkatkan semangat dari para siswa saja. 


Itu dia beberapa aksi nyata merdeka belajar yang ada pada jenjang sekolah PAUD hingga SMP. Selain itu aksi nyata tersebut juga bisa dilihat melalui manfaat yang akan diberikan. Di atas adalah beberapa penjelasan terkait manfaat keberadaan merdeka belajar saat ini. 

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.