Unduh Aplikasi Guru Binar
Kurikulum Merdeka
Author : Fajar Tri
Editor :

7 Manfaat Keberadaan PMM Merdeka Belajar

Gebrakan Merdeka belajar pada era pendidikan seperti saat ini memang memberikan cukup banyak efek atau dampak positif. Baik itu untuk para pengajar maupun siswanya. Hal tersebut bisa dirasakan melalui keberadaan pmm Merdeka Belajar. Pmm sendiri merupakan singkatan dari platform Merdeka Mengajar.


Platform Merdeka Mengajar sendiri merupakan platform edukasi yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh para pendidik sebagai sarana untuk pembelajaran. Selain itu di dalamnya juga terdapat berbagai macam fitur-fitur menarik yang dapat digunakan untuk mewujudkan pelajar Pancasila. 


Para pendidik dapat menggunakan platform Merdeka mengajar dengan cara login dengan akun belajar.id. Ada beberapa manfaat yang bisa dirasakan baik untuk guru maupun siswa. Langsung saja berikut beberapa manfaat dari keberadaan pmm pada Merdeka Belajar.


  1. Menambah Inspirasi Mengajar

Manfaat pertama dari pmm merdeka belajar adalah menambah inspirasi dalam mengajar. Pada dasarnya memang sudah jadi tugas seorang guru untuk bisa memberikan pembelajaran yang dianggap menyenangkan bagi para siswanya. Nah pada pmm sendiri nantinya para guru akan memperoleh banyak inspirasi sebagai inspirator mengajar.


Pasalnya di dalam platform tersebut ada berbagai macam fitur bagi karya. Melalui fitur tersebut nantinya para guru yang ada di seluruh nusantara dapat membagikan berbagai macam pengalamannya untuk pembelajaran sukses. Dengan membaca beberapa pengalaman yang ada nantinya dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan untuk ditiru serta dimodifikasi.


  1. Kompetensi Guru Meningkat

Sama halnya dengan muridnya para guru juga wajib untuk selalu belajar. Dengan terus belajar dan meningkatkan kompetensi maka nantinya para guru bisa memberikan pelajaran yang cukup mengesankan bagi para siswanya. Terutama untuk era modern seperti saat ini.


Pada pmm Merdeka Belajar ada berbagai macam pelatihan-pelatihan. Pelatihan ini tentunya dapat diikuti oleh para guru. Bahkan Anda bisa melakukannya secara mandiri dimanapun dan kapan saja. Salah satu persyaratannya adalah memiliki koneksi internet yang stabil.


  1. Kaya Ide Saat Berada di Kelas

Pembelajaran di kelas tentunya sudah seharusnya variatif. Pembelajaran yang seperti ini nantinya dapat menjadikan para peserta merasakan suasana berbeda dan tidak cepat merasa bosan. Oleh sebab itu salah satu cara yang bisa dilakukan yakni dengan menyajikan suasana kelas yang berbeda daripada beberapa hari sebelumnya.


Terkait dengan masalah tersebut para guru tidak belum merasa khawatir lagi karena bisa memperoleh berbagai macam jenis ide kegiatan melalui pmm Merdeka Belajar. Ide menarik atau contoh kegiatan yang bisa diambil melalui platform tersebut yakni mengajak para siswanya untuk membaca koran serta mencari berbagai macam implementasi penerapan Pancasila.




Ternyata tidak hanya untuk meningkatkan pemahaman terkait dengan penerapan Pancasila saja. Ide kegiatan tersebut juga berpengaruh cukup positif guna meningkatkan literasi dari para siswa.


  1. Menjadikan Kelas Jadi Terasa Makin Menyenangkan

Manfaat lain ketika menggunakan platform Merdeka mengajar adalah kelas menjadi terasa semakin menyenangkan. Sebab karya-karya yang telah dihasilkan di kelas nantinya akan dijadikan sebagai portofolio bagi guru sekaligus siswa. Dari kelas yang menyenangkan sendiri nantinya bisa menjadikan murid semakin belajar mandiri 


  1. Menyimpan Dokumen Secara Daring

Perlu diketahui melalui platform Merdeka mengajar para guru nantinya bisa memperoleh video pelatihan dengan mudah secara mandiri. Selain itu para guru juga bisa memperoleh video inspiratif yang dapat dijadikan sebagai cara untuk mengembangkan diri. Beberapa dokumen atau video di dalam aplikasi tersebut bisa disimpan dengan mudah secara daring


  1. Kemudahan Dalam Mengajar

Manfaat dari adanya pmm tidak berhenti sampai disitu saja. Pasalnya platform Merdeka Mengajar juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan ajar. Para guru nantinya bisa dengan mudah mengajar yang disesuaikan dengan assessment murid maupun analisis diagnostik literasi. 


Perangkat mengajar nantinya juga bisa disesuaikan berdasarkan capaian dari perkembangan para peserta didik. Sehingga hasil yang diharapkan pun bisa lebih maksimal.


  1. Muncul Konsep Profil Pelajar Pancasila

Salah satu hal yang membedakan antara rpp kurikulum merdeka belajar dengan kurikulum sebelumnya adalah munculnya konsep atau prinsip profil pelajar Pancasila.  Profil pelajar Pancasila sendiri tidak muncul di kurikulum sebelumnya. Pada dasarnya konsep antara dulu dan sekarang mirip. Hanya saja untuk pelaksanaan pembelajaran cukup jauh berbeda.


Jika dulunya karakter-karakter hanya dimasukkan pada bagian rpp namun aksinya tidak terlihat nyata. Cukup berbeda dengan pmm merdeka belajar. Dimana profil pelajar Pancasila merupakan karakter sehingga pembelajaran tersebut aksinya. Aksi di sini adalah sebuah pembelajaran yang menuju ke profil pelajar Pancasila. Dengan begitu implementasinya bisa benar-benar terasa.


Bagaimana ada cukup banyak bukan manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan pmm Merdeka Belajar? Berdasarkan penjelasan yang ada di atas baik itu siswa maupun guru akan mendapatkan proses belajar sesuai yang diharapkan. Pmm sendiri menjadi salah satu platform yang bisa digunakan para pengajar guna mendapatkan ide terbaik agar kelas jadi lebih menyenangkan. 


Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.