Unduh Aplikasi Guru Binar
Karir Guru
Author : Fajar Tri
Editor :

7 Jenis Pelatihan Guru untuk Meningkatkan Potensi

Dalam proses belajar mengajar tentunya huruf mempunyai peran cukup penting dalam menciptakan suasana kelas yang efektif dan menyenangkan. Meskipun pada dasarnya memang Terdengar cukup sepele namun hal tersebut ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Bahkan seorang guru juga perlu belajar serta ikut serta dalam pelatihan untuk menjadi seseorang yang profesional dan sesuai harapan.


Ada berbagai macam jenis pelatihan guru yang bisa digunakan untuk mengembangkan potensi diri. Beberapa pelatihan tersebut dimulai dari teknik perencanaan pembelajaran sampai dengan meningkatkan pembelajaran secara efektif. Langsung saja berikut beberapa penjelasan terkait pelatihan untuk guru yang bisa anda ikuti untuk mengembangkan kompetensi diri.


  1. Pelatihan Guru Koperasi dan Kewirausahaan

Jenis pelatihan guru pertama yang bisa Anda ikuti adalah koperasi dan kewirausahaan. Latihan seperti ini bisa dilakukan dengan diskusi secara terbuka serta berbagi terkait pengalaman menggunakan suasana yang akrab sekaligus menyenangkan. Pelatihan guru terkait koperasi serta kewirausahaan meliputi beberapa hal seperti yang ada di bawah ini:

  • Pengertian koperasi secara garis besar

  • Cara memanfaatkan Koperasi di sekolah untuk belajar para siswa

  • Peluang para siswa agar bisa menjadi wirausahawan

  • Menjelaskan terkait peran seorang guru untuk melakukan pembinaan koperasi sekolah


  1. Pelatihan Guru di Bidang Kepemimpinan

Jenis pelatihan guru di bidang kepemimpinan berfokus untuk meningkatkan kualitas dari para guru terkait kepemimpinannya. Kepemimpinan di sini adalah mendorong terjadinya akselerasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.


Pelatihan dalam bidang kepemimpinan nantinya akan mengutamakan pembelajaran siswa menggunakan metode student Centered learning. Metode tersebut adalah menggabungkan aspek memimpin di dalam proses pembelajaran yang ada di sekolah agar semakin efektif. 




Dari pelatihan tersebut diharapkan nantinya para guru bisa memberikan ilmu untuk para rekan lainnya. Selain itu setelah kembali ke sekolah diharapkan nantinya guru bisa menerapkan ilmu yang sudah diterima selama pelatihan. 


  1. Pelatihan Pengembangan e Modul

Jenis pelatihan ini nantinya mengharapkan para guru bisa kreatif serta inovatif sehingga dapat mengembangkan modul pembelajaran ke bentuk elektronik atau e modul. Pasalnya modul sendiri menjadi salah satu sumber untuk pembelajaran secara mandiri bagi para siswa.


Keberadaan e-modul sendiri nantinya dapat digunakan secara mudah oleh para siswa pada berbagai macam perangkat yang dimiliki. Seperti halnya perangkat komputer, laptop maupun smartphone. Dengan begitu akan ada kemudahan bagi para siswa untuk mengakses modul di mana saja dan kapan saja berdasarkan kebutuhannya.


  1. Pelatihan Public Speaking

Jenis pelatihan guru yang keempat yakni public speaking. Tujuan diadakannya pelatihan tersebut adalah untuk mengembangkan pemahaman serta menjaga motivasi belajar para siswa di sekolah. Pasalnya sebagian besar guru akan mengalami kesulitan saat menyampaikan materi pembelajaran yang terlalu serius serta menekankan pada pemahaman para siswanya.


Seorang guru dengan karakteristik seperti itu bisa menjadikan para siswa mengalami kejenuhan ketika proses pembelajaran berlangsung. Bahkan motivasi dari para siswa untuk belajar juga cenderung menurun. Lewat pelatihan public speaking sendiri guru dapat menjadikan kelas jadi lebih menarik serta menyenangkan.


Dengan begitu motivasi dari para siswa untuk belajar akan meningkat karena cara penyampaian guru bisa mudah dimengerti. Seorang guru harus mampu mengoptimalkan kelebihan public speakingnya agar mampu menjadi teman diskusi yang baik bagi para siswa. Selain itu nantinya guru juga mampu memberikan contoh pembelajaran yang mudah untuk dimengerti para siswa. 


  1. Pelatihan Pengembangan Kurikulum

Pengembangan kurikulum termasuk jenis jenis pelatihan guru yang akan memuat proses penyusunan serta perencanaan kurikulum ataupun rangkaian kegiatan yang akan dipakai untuk materi bahan ajar. Selain itu hal tersebut juga digunakan sebagai bahan acuan melaksanakan tujuan pendidikan. 


Keterampilan dalam mengembangkan kurikulum tentunya harus dimiliki seorang guru. Salah satu tujuan untuk hal tersebut adalah agar para guru mampu merencanakan proses pembelajaran di kelas secara baik dan sesuai.


  1. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran

Proses belajar mengajar tentunya akan bisa berjalan secara efektif apabila seorang guru mampu memilih sekaligus memakai media pembelajaran yang pas dan sesuai. Media pembelajaran yang sesuai dan tepat nantinya akan mendorong para siswa agar lebih mudah memahami materi dari guru secara baik. Pelatihan media pembelajaran kreatif sangat perlu dimaksimalkan terutama sebagai pelatihan guru tk dan pelatihan guru paud.


  1. Pendidikan Lingkungan Hidup

Pelatihan guru di bidang pendidikan lingkungan hidup memiliki tujuan meningkatkan perannya di dalam proses pendidikan lingkungan hidup yang terdapat Indonesia. Tujuan pelatihan guru sd ini adalah meningkatkan pemahaman terkait konsep pendidikan lingkungan hidup sebagai sarana dialog bersilaturahmi, dan berkomunikasi.


Sama halnya dengan para siswanya guru juga memerlukan pelatihan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Di atas setidaknya ada tujuh jenis pelatihan guru yang bisa anda ikuti untuk mengembangkan diri. Dengan begitu Anda akan bisa menjadi seorang guru dengan pribadi yang sesuai dan menyenangkan. Anda bisa memilih beberapa pelatihan yang memang dirasa sangat perlu untuk.

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.