Unduh Aplikasi Guru Binar
Kurikulum Merdeka
Author : Fajar Tri
Editor :

6 Manfaat Platfrom Merdeka Belajar untuk Guru

Kurikulum terbaru Merdeka belajar tentunya memberikan dampak yang cukup efektif pada pembelajaran saat ini. Bahkan seiring berkembangnya waktu dan teknologi ternyata pihak Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi meluncurkan platform merdeka belajar untuk mendukung pembelajaran yang lebih baik.


Aplikasi tersebut tentunya tidak hanya memberikan manfaat bagi para peserta didik saja. Para guru juga akan mendapatkan manfaatnya karena akan lebih mudah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka belajar secara nyata. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang akan diterima oleh para guru dengan keberadaan platform Merdeka belajar.


  1. Inspirasi dalam Mengajar Guru Jadi Bertambah

Sebenarnya sudah jadi tugas seorang guru untuk bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi para peserta didik. Untuk mendukung tersebut telah hadir aplikasi Merdeka Belajar yang mana dapat digunakan untuk menambah inspirasi dalam mengajar.  Pasalnya dalam aplikasi tersebut fitur Bagi Karya. 


Melalui fitur pada platform tersebut nantinya guru akan terhubung dengan berbagai guru yang ada di seluruh Indonesia. Para guru yang tergabung tentunya akan membagikan pengalaman dalam melakukan pembelajaran yang menyenangkan sekaligus sukses.




Ketika membaca pengalaman yang ditulis oleh guru lain, maka nantinya Anda akan terinspirasi. Peran pengalaman tersebut nantinya akan dijadikan sebagai bahan rujukan untuk mengamati meniru serta memodifikasi. Sehingga pada akhirnya Anda akan memperoleh cara pembelajaran yang tepat sesuai dengan keinginan para peserta didik.


  1. Meningkatkan Kompetensi Guru

Meskipun Anda sudah menjadi seorang guru tentunya proses belajar tidak berhenti sampai di sini saja. Bahkan bisa dibilang seorang guru wajib terus meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Dengan menambah kompetensi tersebut nantinya Diharapkan Anda dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan keinginan para peserta didik dan juga menyenangkan.


Terutama untuk sistem pembelajaran pada era modern dan serba digital seperti saat ini. Pada platform Merdeka Belajar untuk para pendidik ada berbagai macam pelatihan. Dari fitur tersebut tentunya bisa Anda manfaatkan untuk melatih kompetensi yang dimiliki secara mandiri kapan saja dan di mana saja. 


Agar bisa mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut sebaiknya selalu pastikan bahwasanya koneksi internet Anda selalu terhubung dengan baik dan stabil.


  1. Ide Kegiatan Siswa Jadi Lebih Bervariatif

Sebagai seorang guru anda akan dituntut untuk bisa memberikan pembelajaran sesuai dengan keinginan para peserta. Terlebih lagi untuk era digital seperti saat ini yang mana membuat para peserta didik ingin pembelajaran lebih variatif. Pembelajaran yang variatif tentunya tidak akan membuat para peserta didik jadi merasa bosan.


Dengan begitu secara otomatis pembelajaran yang ada di kelas akan terkesan berbeda dibandingkan pembelajaran di hari-hari sebelumnya. Anda bisa memanfaatkan platform Merdeka Belajar untuk menambah ide kegiatan yang menarik di dalam kelas. Misalnya jenis kegiatan pada platform tersebut adalah mengajak para siswa untuk membaca koran serta mencari contoh-contoh penerapan dalam Pancasila.


Tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan pemahaman para peserta didik terkait dengan Pancasila saja. Ternyata contoh kegiatan seperti ini juga bisa meningkatkan literasi dari para peserta didik secara nyata. Sebab implementasinya diambil dari berita koran.


  1. Kelas Jadi Menyenangkan

Dengan berbagai macam ide mengajar yang bisa diperoleh para pendidik pada platform Merdeka belajar tentunya akan memberikan dampak positif. Dampak positif tersebut adalah kelas jadi terasa lebih menyenangkan dibandingkan sebelumnya. Kelas yang menyenangkan memiliki peran cukup penting untuk membuat para siswanya semakin termotivasi dalam belajar.


  1. Bisa Diakses Kapan Saja dan Dimana Saja

Selain memberikan beberapa keuntungan yang telah disebutkan di atas. Ternyata platform tersebut juga memberikan kemudahan untuk diakses. Bahkan nantinya Anda bisa mengaksesnya secara mudah kapan saja dan di mana saja. Dengan begitu proses untuk belajar bisa semakin terasa lebih mudah dan fleksibel. Namun selalu pastikan bahwasanya koneksi internet selalu terhubung dan stabil.


Aplikasi tersebut bisa dengan mudah diakses melalui Google Play Store yang ada pada ponsel. Selain itu Anda juga bisa mengaksesnya melalui laman resmi dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Di dalamnya nanti ada berbagai macam informasi terkait kurikulum Merdeka belajar. Sehingga nantinya akan lebih memudahkan Anda untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut. 


  1. Bebas dalam Berekspresi

Kurikulum Merdeka belajar sendiri menerapkan sistem bebas untuk berekspresi baik itu untuk siswa maupun guru. Sehingga dalam proses belajar nantinya tidak akan ada yang tertekan secara psikologis maupun hal lainnya. Platform tersebut guru akan lebih bebas untuk fokus dan memaksimalkan diri untuk mencerdaskan siswanya.


Itu dia beberapa manfaat yang akan didapatkan dari platform Merdeka belajar untuk para pendidik atau guru. Dengan adanya platform tersebut diharapkan proses pembelajaran Merdeka belajar bisa berjalan secara lancar baik itu pada pihak siswa maupun guru. Sehingga nantinya implementasi yang diharapkan bisa terwujud sesuai dengan keinginan.

Sumber dan referensi :

Postingan Terkait

Bagikan:

Seluruh materi yang terkandung dalam website ini dilindungi oleh Hak Cipta, dan tidak dapat diproduksi ulang, dipublikasi kembali, didistribusikan kembali, dikirimkan, ditampilkan, disebarluaskan atau dipergunakan dengan cara apapun tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari pihak Guru Binar.
Nama dan logo dari Guru binar serta hal-hal lain terkait merek, nama usaha dan hak kekayaan intelektual lainnya merupakan milik Guru binar dan tidak dapat digunakan tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Guru Binar. Sebagai catatan, beberapa konten yang tertera dalam website ini mungkin tunduk pada ketentuan hak cipta pihak ketiga lainnya.
Seluruh data dan informasi yang diberikan oleh pengguna/peserta hanya akan digunakan untuk kepentingan pelaksanaan program Guru Binar atau terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh Guru Binar, dan tidak akan disebarluaskan, dialihkan, diberikan kepada pihak lain, baik secara langsung ataupun tidak langsung kepada pihak manapun tanpa persetujuan terlebih dahulu dari pemilik data dan informasi, kecuali jika dibutuhkan untuk urusan proses hukum yang berlaku di wilayah Negara Republik Indonesia. Guru Binar akan melakukan upaya optimal untuk memastikan keamanan dan kerahasiaan data yang diberikan.